Jumat, 01 Maret 2013

Merawat anak kelinci, karena sang induk mati

Nah, selanjutnya setelah daur hidup kelinci. saya akan menerbitkan 1 post yang kadang terjadi atau mungkin sering terjadi dalam memelihara beberapa kelinci.

Induk kelinci yang terlalu muda, tidak kuat melahirkan, sakit atau berbagai macam penyakit lain yang berbahaya sehingga kelinci tersebut akan mati. Itu penyebab kenapa kelinci pasca melahirkan kadang mati. ataupun kadang penyebabnya adalah stress.

Kelinci yang normal di kawinkan adalah sekitar 6 bulan atau 5 bulan keatas sesuai dengan 'gen' nya. kelinci yang terlalu muda dikawinkan akan menyebabkan tidak kuatnya saat melahirkan walaupun dapat melahirkan tapi ujung ujungnya adalah mati dan biasanya kematian terjadi saat induk kelinci sedang menyusui atau setelah.


1.Perawatan anak kelinci
Anak kelinci yang baru lahir sangat rentan dan membutuhkan nutrisi yang banyak. dan nutrisi itu hanya didapat dari sang induk yaitu terdapatt di ASInya. setelah sang induk mati tentu tak ada lagi yang menyusui dan anda harus menggantikannya. 

2.Mulai merawat
Untuk merawatnya kalian butuh kesabaran dan ketelitian yang tinggi. karena tentu tidak sembarangan menyusui anak kelinci yang masih sangat kecil ini.
Kalian membutuhkan :
a. Suntikan
b. karet pentil kecil (yang muat untuk mulut anak kelinci)
c. Susu

copot jarum suntikan dan pasang karet pentil itu diujungnya. beli susu kaming (etawa), susu kucing atau susu bayi 0-6 bulan dan pastikan susu itu berlabel "free lactosa" karena anak kelinci tidak mempunyai enzim tersebut.
anak kelinci dianjurkan meminum 1ml air susu dari suntikan tersebut 2-3 kali sehari (tergantung anda)dan jangan sampai masuk kedalam hidung ata terlalu banyak, itu akan membuat anak kelinci tersedak dan mati. anak kelinci berumur 1 minggu harus rutin diusap perutnya menggunakan cotton bud menggunakan air hangat untuk merangsang keluarnya air pipis dan pupnya.
Ciri anak kelinci mau mati adalah badannya yang sangat dingin dan itu adalah keadaan berbahaya. dalam saat ini kalian bisa memberi susu selama 1ml atau mengusapnya kembali. kotak sarangnya harus terjaga dari apapun dan harus hangat, kalian bisa menaruh kain, atau apapun yang membuat anak kelinci menjadi hangat dan merasa aman, tenang dan nyaman.

Beranjak dewasa kalian bisa membeli botol susu yang tersedia di petshop untuk sekitar anak kelinci berumur 3 minggu - 2 bulan.
pada masa masa 1 minggu anak kelinci yang ditinggal mati induknya akan sangat mempunyai kemungkinan besar untuk mati, jadi sabar dan telitilah menjaganya...

Ini yang bisa saya sampaikan, makasih

1 komentar:

  1. terimakasih atas ilmunya. jangan lupa kunjungan baliknya ditunggu di portalkelinci.blogspot.com

    BalasHapus